Senin, 02 Maret 2009

ASME


Hampir semua industri fabrikasi dalam mengerjakan projectnya memerlukan personnel seperti welder. Pekerjaan fabrikasi didominasi oleh peklerjaan welding, sehingga peran seorang welder sangat menentukan dalam progress project, cost, dan time delivery barang yang dikerjakan.
Bisa dibayangkan kalau suatu project dikerjakan oleh welders yang tidak berpengalaman atau memiliki skill yang rendah. Dipastikan akan banyak masalah dengan kwalitas, repair, dn ongkos produksi akan membengkak.

Untuk menjamin keberhasilan suatu welding maka hampir semua code dan standard yang ada membuat suatu persyaratan lulus tidaknya seorang welder dengan melakukan welder qualification atau welder test.

Kalau kita melihat AWS D1.1 atau ASME IX maka untuk kwalifikasi welder mempunyai essential variable yang berbeda beda secara proses (gtaw, smaw, fcaw, saw)

Essential variable welder test menurut AWS D1.1 :

Parameter diatas menunjukkan essential variable dari seorang welder. Apabila seorang welder setelah lulus welder test, maka di lapangan atau di produksi welding dia tidak boleh mengerjakan pekerjaan welding yang tidak sesuai dengan qualified yang dia punyai sewaktu running welder test.

Parameter-parameter welder seperti Process, F number, Posisi , thh dan diameter, progression welding, penghilangan backing, atau dari single electrode ke multiple electrodes. Sebagai seorang welding inspector perlu kiranya mempperhatikan qualified welder ini sebelum ata sedang menlakukan pekekrjaan pengelasan. Welding Inspector berhak menghentikan welding yang sedang berjalan atau membuat NCR kalau menemukan welder yang tidak sesuai dengan kulifikasinya.

Banyak terjadi di lapangan dimana suatu system QMS belum terbentuk, pekerjaan welding dilakukan oleh welder yang tidak kualified, tidak sesuai dengan posisi welding, sehingga hasil pengelasan tidak memuaskan. Welder yang banyak dipekerjakan oleh subcontractor, kadang kadang tidak terdaftar dalam system QA QC main contractor, jadilah welder gelap mengerjakan suatu project. Para welding Inspector harus lebih care dengan masalah ini.

Bagaimana step step melakukan welder test ?

Kita lanjutkan dalam edisi ke 2 ya …………..

1 komentar: